Membuat artikel di blog wordpress

Cara Membuat Artikel Pada WordPress

Pada postingan ini, saya buat untuk mempermudah teman-teman yang mungkin masih bingung ketika akan membuat artikel di wordpress.

Perlu diketahui, pada dasarnya tool-tool yang ada disetiap kolom pembuat artikel itu hampir sama seperti ketika menulis artikel di microsoft word, misalnya ada menu huruf “B” tebal, “I” miring, “Uuntuk garis bawah / underline, dan lain sebagainya. Namun ada beberapa perbedaan pastinya, dan tak jauh beda juga untuk kode pada keyboard, misalnya Ctrl+B untuk hufuf tebal, Ctrl+I untuk huruf miring, Ctrl+U untuk garis bawah, dan lain sebagainya.

Untuk hasil yang lebih baik, saya rekomondasikan untuk mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

Langkah 1 : Tulis judul artikel

Membuat artikel di blog wordpress

Untuk judul artikel maksimum 60 karakter beserta spasinya, jika lebih dari 60 karakter itu dianggap kurang baik menurut mbah Google. Tulislah judul yang berisi padat, berkualitas, dan mengandung keyword (kata kunci), supaya lebih mudah diserap oleh google search.

Langkah 2 : Menambah kategori artikel

Setelah menulis judul artikel, jangan lupa menambahkan kategori artikel sesuai dengan isi artikel, misalkan artikel tentang teknologi beri kategori teknologi atau tekno, kalau berita, isi dengan berita.

Cara menambahkan kategori, pada bagian sisi kanan, ada menu kategori, klik “Tambah kategori baru” kemudian isi dengan kategori yang dimaksud dan klik tombol Tambah kategori baru. Jika kamu lupa tak memberi kategori pada artikel maka akan otomatis masuk ke Uncategorized yang artinya tak berkategori. Lihat gambar diatas nomor 2.

Langkah 3 : Menambahkan tag

Membuat artikel di blog wordpress

Tag bisa berfungsi sebagai keyword, jadi buatlah tag itu dengan berisi kata kunci 3 – 4 kata yang berkaulitas, kamu bisa menambahkan tag lebih dari 1. (Lihat gambar diatas nomor 3)

Langkah 4 : Menambahkan gambar fitur

Dengan menambahkan gambar utama, ini akan mencul sebuah gambar pada homepage, jika kamu tak menamkan maka akan kosong tanpa gambar pada artikel kamu di homepage. (Lihat gambar diatas nomor 4)

Langkah 5 : Menambahkan isi konten / artikel

Setelah langkah 1 sampai 4 dipenuhi kamu baru boleh menulis isi artikel, untuk isi artikel pada website blog / web tutorial, lebih baik lebih dari 500-1000 karakter.

#Mengenal tools pada artikel

Membuat artikel di blog wordpress

Setiap tool memiliki nama dan kegunaan sendiri-sendiri, akan saya uraikan sebagai berikut sesuai dengan huruf pada gambar diatas.

A. Bold (huruf tebal)

Pada tool “B” ini berfungsi untuk mempertebal pada huruf, caranya blok pada kalimat/kata yang akan dibuat tebal kemudian tekan/klik tool B. Atau bisa menggunakan kode keyboard, Ctrl+B. Contoh : Cara membuat artikel di wordpress

B. Italic (miring)

Fungsi untuk memiringkan huruf atau kalimat, caranya sama seperti diatas, blok dahulu pada kata/kalimat kemudian klik tool I” atau dengan Ctrl+I. Contoh : Cara membuat artikel di wordpress

C. Daftar tak bernomor

Pada tool ini, berfungsi untuk membuat daftar tak bernomor, caranya buat paragram dahulu kemudian klik tool diatas. Untuk lebih dari 1 daftar tinggal tekan enter saja. Contohnya :

  • Surabaya
  • Bandung
  • Jakarta
  • Sulawesi
  • Pontianak

Kalau untuk menyudahi tinggal klik enter 2 kali untuk melepaskan tanda bullet-bullet.

D. Daftar bernomor

Tool ini sama fungsinya seperti diatas hanya yang membedakan ini bernomor, contoh :

    1. Surabaya
    2. Bandung
    3. Jakarta
  1. Sulawesi
  2. Pontianak

E. Blok kutipan

Tool ini berfungsi untuk membuat kutipan pada pembahasan artikel, bisa dikatakan juga sebagai isi pokok pembahasan, untuk menandakan bahwa pokok pembahasan pada kalimat itu. Cara membuatnya buat paragram dahulu dengan menekan enter pada keyboard, kemudian tulis isinya. Contoh :

Berbuatlah baik kepada orang lain dengan sepenuh hati

F. Rata kiri, tengah, dan kanan

Pada tool ini berfungsi untuk meratakan kata ke sisi kiri, tengah, dan kanan. Cara membuatnya bisa dengan tekan enter terlebih dahulu atau blok pada kalimat yang akan diratakan kemudian klik tool diatas. Contohnya :

Rata kiri

Bandung
Jakarta
Sulawesi
Pontianak

Rata tengah

Bandung
Jakarta
Sulawesi
Pontianak

Rata kanan

Bandung
Jakarta
Sulawesi
Pontianak

G. Sisipkan dan hilangkan tautan

Pada tool ini berfungsi untuk membuat tautan / link pada kata/kalimat, caranya blok terlebih dahulu kata yang akan dibuat tautan, kemudian klik tool “sisipkan tautan” atau tekan kode Ctrl+K pada keyboard, dan jika untuk menghilangkan link/tautan tinggal klik tool “hilangkan tautan” atau klik Shift+Alt+S pada keyboard. Contoh : Alamat blog saya www.hadziq.web.id

Penting !

Ketika membuat link yang mengarah keluar dari situs/blog kamu sendiri jangan lupa menambahkan link nofollow, contohnya, kamu membuat link yang mengarah ke akun facebook kamu, atau twitter kamu, atau ke alamat situs lain, supaya tidak ada kesalahan perayapan, dengan menggunakan link nofollow ini juga menjadi salah satu kunci pada sebuah blog untuk lebih disukai oleh Google sebagai mesin penelusuran. Pelajari lebih lanjut.

Cara membuat link nofollow.

Caranya dengan menambahkan kode rel=”nofollow” setelah kode link. Contoh : “Info lebih lanjut klik akun facebook saya” pada kata “facebook” itu beri link yang menuju keluar situs ini atau ke akun facebook, jadi penulisan kodenya <a href=”https://www.facebook.com/hadziq.muttaqin” rel=”nofollow” target=”_blank”>facebook</a>

Cara membuat link buka tab baru

Link buka tab baru maksudnya, jika link itu diklik maka akan terbuka ditab baru pada browser, ingin bukti klik saja pada link ini >> facebook. Cara membuatnya lihat gambar di bawah ini.

Membuat artikel di blog wordpress

Isi kolom tautan dengan link yang dituju, kemudian klik pada gerigi, centang pada Buka tautan di tab baru, kemudian Perbarui untum menyimpan.

Membuat artikel di blog wordpress

 

H. Tambahkan media

Jika didalam artikel ingin disisipi gambar atau file kamu bisa menggunakan tool ini. Cara menambahkan gambar atau file, klik tool Tambahkan Media > Pustaka media / Unggah media.

Khusus untuk gambar, tambahkan teks alternatif berisikan kata kunci / keyword, karena akan menambahkan nilai SEO pada artikel.

Cara pada sebelah kanan, gulir kebawah sampai di Teks Alt, disitu Anda isi dengan kata kunci / keyword. Kemudian klik tombol Sisipkan kedalam post untuk menyimpan

Membuat artikel di blog wordpress

I . Pelajukan

Dalam hal ini, ada beberapa istilah yang digunakan untuk heading ini, jika di blogspot biasa menggunakan smallest, small, normal, large, dan largest, sedangkan di wordpress biasa menggunakan pelajukan (dalam bahasa indonesia) seperti pada gambar dibawah ini. Namun intinya sama saja, H1, H2, H3, H4, H5, dan H6, “H” itu sendiri artinya Heading, dan fungsinya pun juga berbeda-beda.

Membuat artikel di blog wordpress

Fungsi Code Tag Heading H1, H2, H3, H4, H5 dan H6 :

  • Tag Heading <h1> : tag ini digunakan pada nama blog/website (jika berada pada homepage) dan akan berubah menjadi <h2> pada halaman posting. 
  • Tag Heading <h2> : tag ini digunakan pada judul artikel blog (jika berada pada homepage) dan akan berubah menjadi <h1> pada halaman posting. 
  • Tag Heading <h3> : tag ini digunakan pada sub-judul atau penjelasan dari judul artikel atau posting, dan bisa juga digunakan pada judul widget. 
  • Tag Heading <h4> : tag ini digunakan untuk judul artikel terkait, komentar atau bisa juga digunakan pada judul widget. 
  • Tag Heading <h5> : tag ini digunakan sebagai nama komentator atau nama pemberi komentar. 
  • Tag Heading <h6> : tag ini digunakan sebagai footer seperti “All Rights Reserved” atau “Powered by wordpress” yang letaknya berada paling bawah.

J. Strike Through (Garis tengah)

Menu ini berfungsi untuk menambahkan garis tengah pada kata, Contoh “Garis Tengah

K. Garis mendatar

Fungsinya untuk menambahkan garis mendatar, contohnya seperti dibawah ini.


L. Warna Teks

Pada menu ini berfungsi untuk mengganti warna teks artikel, untuk menghilangkan warna teks tinggal memilih tanpa warna. seperti gambar dibawah ini yang ditandai arah panah.

Membuat artikel di blog wordpress

Pada menu-menu yang lain, itu jarang digunakan namun tetap ada fungsinya, silahkan Anda coba-coba saya suoaya tau fungsinya.

M. Visual

Editor artikel seperti yang sedang kamu gunakan, saya rasa ini cukup jelas

M. Teks

Jika kamu memilih menu ini, menu ini berfungsi untuk mengedit teks artikel berdasarkan kode HTML, karena tidak semua untuk membuat artikel bisa dilakukan di menu visual, contohnya kamu ingin membuat link “Nofollow” yang mengarah ke situs luar, maka dengan memalui editor teks itu akan bisa dilakukan.

Penutup

Mungkin cukup itu dulu yang bisa saya tulis tentang tutorial “Cara membuat artikel di wordpress”, ada pertanyaan silahkan hubungi saya atau bisa tanyakan di komentar. Mohon maaf dan terima kasih. 🙂