Emis Online MI pada tahun ajaran 2017/2018 ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, yang mana pada tahun kemarin (2016/2017) seperti biasanya menggunakan metode offline ke online. Yaitu mengisi data axcel terlebih dahulu kemudian ke aplikasi dekstop dan selanjutnya di upload ke online

Pada tahun ini 2018/2019 metode pendataan Emis full menggunakan online dan offline nya hanya sedikit yakni hanya melengkapi data siswa di axcel menggunakan aplikasi axcel ditahun lalu (2016/2017)

Namun sayangnya, ditahun ini Emis sangat-sangat mengalami kondisi kurang baik, karena adanya aplikasi baru yang (mungkin) kurang siap digunakan, sering sekali terjadi trobel pada database tidak sinkron, masalah ini terjadi diawal-awal semester ganjil hingga akhir semester ganjil.

Emis online MI 2018

Setelah memasuki akhir semster ganjil, masalah trobel pada database sudah bisa teratasi. Tetapi muncul masalah lagi, yaitu adanya migrasi server ke server lain. Tentunya ini juga lebih bermasalah, karena sering terjadi error 404, 503, 504 yang disebabkan oleh ketidaksesuainnya database lagi.

Akan tetapi, dengan segala upaya dan tenaga, diawal semester 2 ini Emis lambat laun trobelpun bisa teratasi. dan saat saya pantau pada tanggal 12 januari 2018 sudah bisa login ke dasbor operator. Dan mudah-mudahan kedepannya tidak terjadi masalah lagi. Aaamiin.

Alur pengisian data Emis

Alamat login Emis tahun ini juga ada perubahan dari tahun sebelumnya. pada tahun ini beralamat di http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah_mi/ untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah.

  1.  Login = Nama Pengguna dan Kata Sandi (gunakan email dan pasword sesuai pendaftaran operator di emis_sdm)
  2. Update KELEMBAGAAN = lakukan update secara urut dan pastikan tersimpan. PERHATIAN KHUSUS untuk menu SARPRAS dan SISWA !!!
    • Klik KELEMBAGAAN > SARANA DAN PRASARANA > Rincian Data Ruangan = lakukan tambah data sesuai jumlah dan kondisi ruangan, kelas, rombel dan wali kelas
    • Klik KELEMBAGAAN > SISWA > Data Rombongan Belajar = lakukan tambah data, isian ini otomatis dan harus sinkron/sesuai dengan isian yang ada di SARANA DAN PRASARANA > Rincian Data Ruangan.
  3. Update SISWA AKTIF
    Klik KESISWAAN > Siswa Aktif
    • Lakukan set siswa aktif sesuai kelas dan rombelnya termasuk siswa tinggal kelas dengan cara ceklist nama siswa aktif > tentukan kelas dan rombelnya > lalu klik ubah kelas dan rombel
    • Mutasi Masuk = klik menu mutasi pilih mutasi masuk madrasah jika siswa pindahan dari MI, mutasi masuk umum jika siswa pindahan dari SD. Isikan sesuai data yang diminta, untuk entri siswa pindahan dari MI syarat wajib siswa harus sudah dikeluarkan dari madrasah asal.
    • Mutasi Keluar = ceklist nama siswa yang akan dikeluarkan > pilih tombol aksi warna merah, isikan tanggal mutasi, alasan mutasi dan sekolah tujuan dan simpan.
    • Entry siswa baru kelas 1 = abaikan, belum ada menu dan perintah.
  4. Update CAPESUN
    • Klik KESISWAAN > CAPESUN
    Sebelum mulai edit Daftar Siswa Kelas Akhir baca terlebih dahulu pesan-pesan yang ada.
    Tampilan di menu CAPESUN adalah di sebelah kiri layar monitor adalah Daftar Siswa Kelas Akhir yang akan didaftarkan sebagai peserta ujian. Dan sebelah kanan layar monitor adalah tempat tampilan siswa yang telah didaftarkan sebagai peserta CAPESUN.

PERHATIAN sebelum siswa dimasukan ke daftar CAPESUN … !!!

  1. Lakukan cek dan edit data satu persatu melalui menu AKSI tombol warna hijau dan orange, utamakan data yang diedit data yang terkait dengan penulisan dokumen Ijazah nantinya, dengan data dukung akta kelahiran, atau surat kenal lahir/KK bagi yang belum punya akta kelahiran.
  2. Jika data Daftar Siswa Kelas Akhir sudah benar-benar sudah valid semua dan sudah dipastikan hasil edit tersimpan lakukan Proses Pemindahan Daftar Siswa Kelas Akhir ke Daftar CAPESUN dengan langkah seperti berikut :
    1) Ceklist nama siswa dengan cara per rombel (jangan persiswa dan juga jangan dua rombel sekaligus) jika sudah diceklist per rombel lalu > klik menu pilih siswa CAPESUN disebelah kanan atas layar monitor, tunggu dan pastikan semua siswa yang diceklist benar-benar pindah ke daftar CAPESUN.
    2) Lakukan rombel selanjutnya sesuai cara di atas jika madrasah mempunyai lebih dari satu rombel.
    3) Jika Daftar Siswa Kelas Akhir Sudah berpindah ke Daftar CAPESUN klik BIOUN File untuk unduh file *e.z

CATATAN :

  • BIOUN File = menu untuk unduh file *e.z (file yang akan diupload ke bioun melalui Kantor Dinas P&K)
  • ika ada revisi siswa setelah menjadi DNS atau file *e.z error tidak bisa diupload diBIOUN lakukan batal siswa terpilih di daftar siswa CAPESUN (pembatalan harus dilakukan per rombel) rombel yang dibatalkan sesuai keberadaan siswa yang akan direvisi “walaupun hanya satu siswa yang direvisi, pembatalan harus per rombel”
  • Batal seluruh siswa di CAPESUN = untuk membatalkan semua daftar siswa CAPESUN.
  • Lakukan prosedur dari point No. 4 jika melakukan pembatalan daftar siswa CAPESUN.

Sumber tutorial Operator Pusat Kabupaten Cilacap. Demikian alur pengisian Emis Online MI tahun 2017/2018. Semoga bermanfaat dan bisa membantu teman-teman operator. Aaamiin