10 tips belanja online di facebook

10 tips belanja online di facebook

Berbelanja merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk kebutuhan sehari-hari, baik itu berupa kebutuhan pangan maupun materi. Berbelanja dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, bisa di toko, pasar, pasar malam, warung (bagi yang masih buka).

Dalam jual beli pokok utama prinsipnya adalah yaitu saling menguntungkan antara penjual dan pembeli, namun ada saja orang yang suka menggunakan kesempatan dalam kesempitan dengan mengelabuhi orang lain dengan berbagai cara.

Ketika berbelanja baik itu secara offline seperti di toko-toko terdekat tempat tinggal anda atau belanja secara online, perlunya kita waspada terhadap hal-hal yang mungkin akan terjadi. Terutama ketika berbelaja online, di facebook, twitter, toko jual beli online yang tidak secara tidak langsung bertemu dengan penjualnya dan barang fisiknya.

Perlu diteliti terlebih dahulu semua yang berkaitan dengan barangnya, penjualnya, maupun tempat, mulai dari nomor hp yang bisa dihubungi, alamat penjual, bukti transaksi. Untuk lebih waspada dan lebih aman anda bisa mengikuti tips-tips jual beli online di facebook berikut ini.

1. Cari toko online yang up to date,  fast respon dan terpercaya

Seringkali terjadi karena sibuknya penjual melayani calon pembeli terkadang menjadi kurang siap tanggal kepada pelanggannya kekurangan karyawan misalkan, atau karena terjadi satu hal dan lain hal yang sehingga jualannya di facebook menjadi kurang update, oleh karena itu carilah toko online yang benar-benar siap tanggap terhadap calon pembelinya.

Teliti juga apakah penjualnya mencantumkan nomor hp yang aktif, alamat yang jelas, dan bagaimana sikap dia terhadap konsumennya, apabila disaat bertransaksi dengan menggunakan layanan yang baik, kemungkinan besar itu aman. Namun apabila dia tak mencantumkan nomor yang dapat dihubungi dengan baik, atau alamat yang jelas perlu anda pikir-pikir kembali.

Anda harus benar-benar teliti dahulu sebelum melakukan transaksi. Selidiki dahulu apakah mereka memiliki track record yang baik, seperti:

  • Testimonial dari pelanggan sebelumnya.
  • Berapa lama toko online tersebut telah melakukan promosi lewat Facebook. Ini dapat dilihat pada halaman wall mereka, lihat beberapa update status mereka yang terdahulu. Lebih lama lebih baik.
  • Lihat apakah status mereka ada yang memberi komentar.

2. Baca kebijakan pengembalian barang.

kebijakan pengembalian barang

gambar : kalyanakalyani.com

Selain itu, anda juga harus tau apakah ada kebijakan pengembalian barang apabila terdapat kecacatan. Atau supaya lebih aman anda jangan lupa untuk menawarkan atau membuat janjian pengembalian barang jika ada kecacatan.

Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim cacat, anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang anda kembali. Periksa juga siapa yang membayar pengembalian barang itu.

3. Periksa paket barang dengan membaca deskripsi produk baik-baik.

Anda harus tau betul kondisi barang dan detail deskripsi yang baik seperti gambar dibawah ini.

Contoh deskripsi produk yang baik

Contoh deskripsi produk yang baik

Pada gambar di atas sangat detail barang yang dijual dan tak basa basi. dan curigailah pada barang bermerek yang dijual di Facebook dengan potongan harga yang sangat besar (jangan tergiur harga murah).

4. Jangan mudah tergoda barang murah

Barang murah kebanyakan membawa kualitas yang kurang menjamin, karana bisa saja barang itu bekas dan mengandung cacat dalam atau tersembunyi. Carilah barang yang sedikit mahal tetapi kualitas terjamin keasliannya. Anda juga bisa membanding-bandingkan barang ke toko online lain, mana yang lebih bagus dan kualitas terjamin, tidak harus terpaku pada satu barang.

5. Product bergaransi

Pilihlah barang yang mempunyai produk bergaransi minimal 1 tahun, karena apabila suatu saat ingin diperbaiki, masih mendapatkan gratis servis.

6. Periksa harga totalnya, harga barang + ongkos kirim

Lebih baik anda bisa memilih sendiri jasa kurirnya, pilihlah jasa kurir yang hemat dan tidak terlalu mahal, karena anda belanja online juga harus diperhitungkan plus biaya kirimnya, yang penting sampai, dapat dipercaya, dan hemat di ongkos karena biasanya pihak pembeli yang membayarnya, coba aja cari di facebook seperti MyCourier ESL Express, TIKI, TIKIJNE, Elteha, dll, pilihlah kurir yang care dengan pelanggan dan mau berinteraksi dengan pelanggan mereka di Facebook, karena dengan hal itu menandakan bahwa mereka selalu meningkatkan layanannya dengan luwes dan terpercaya, serta mau dekat dengan pelanggannya.

7. Rekening Toko Online / penjual

Rekening bank si penjual harus jelas, dan terlihat berubah-ubah pada rekening bank, maka berhati-hatilah. Bisa saja karena si penjual terbukti menipu biasanya rekeningnya di blokirdan tidak dipergunakan lagi.

8. Jaga rahasia akun bank anda.

Transaksi online biasanya menggunakan transfer antar bank atau bisa juga dlewat Paypal. Namun jangan sekali-kali Anda melakukan transaksi bila ada yang menanyakan password ATM, internet banking, atau Paypal Anda karena ini adalah hal yang sangat rahasia bahkan pihak bank atau Paypal sendiri tidak mungkin menanyakan password.

9. Amankan PC Anda

Minimal PC Anda harus punya antivirus. Lebih baik lagi kalau punya anti spyware dan firewall. Ingat, peranti lunak keamanan itu harus di-update secara teratur agar PC terlindung dari ancaman terbaru. Baiknya, atur saja proses update secara otomatis.

10. Matikan PC Anda setelah transaksi

Kalau PC dinyalakan terus, bisa saja sudah ada garong yang sudah menanamkan malware, mengambil alih kendali PC dan melakukan transaksi. Oleh karena itu matikan PC anda setelah melakukan transfer bank via internet bank.

Penutup

Itulah 10 tips belanja online di facebook, dengan anda mengikuti tips diatas, semoga anda aman dari orang jail dan tetap aman belanjaan anda dimanapun anda menginginkan. Terima kasih sudah membaca postingan ini, semoga bermanfaat.